Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam membahas masalah puasa Rajab :
Pertama : Tidak ada riwayat yang benar dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang melarang puasa Rajab.
Kedua : Banyak riwayat-riwayat tentang keutamaan puasa Rajab yang tidak benar dan palsu.
Dan di dalam masyarakat kita terdapat 2 kutub ekstrim :
Pertama adalah sekelompok kecil kaum muslimin yang menyuarakan dengan lantang bahwa puasa bulan Rajab adalah bid’ah.
Kedua adalah Sekelompok orang yang biasa melakukan atau menyeru
puasa Rajab akan tetapi tidak menyadari telah membawa riwayat-riwayat
tidak benar dan palsu.
Maka dalam risalah kecil ini kami ingin mencoba menghadirkan riwayat
yang benar sekaligus pemahaman para ulama 4 madzhab tentang puasa di
bulan Rajab.
Sebenarnya masalah puasa Rajab sudah dibahas tuntas oleh ulama-ulama
terdahulu dengan jelas dan gamblang. Akan tetapi karena adanya kelompok
kecil hamba-hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala yang biasa MENUDUH BID’AH
ORANG LAIN menyuarakan dengan lantang bahwa amalan puasa di bulan Rajab
adalah sesuatu yang bid’ah. Dengan Risalah kecil ini mari kita lihat
hujjah para ulama tentang puasa bulan Rajab dan mari kita juga lihat
perbedaan para ulama di dalam menyikapi hukum puasa di bulan Rajab.
Yang jelas bulan Rajab adalah termasuk bulan Haram yang 4 (Dzul Qo’dah,
Dzul Hijjah, Muharrom dan Rajab) dan bulan haram ini dimuliakan oleh
Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga tidak diperkenankan untuk berperang
di dalamnya dan masih banyak keutamaan di dalam bulan-bulan haram
tersebut khususnya bulan Rajab.
Tidak kami pungkiri adanya hadits-hadits dho’if atau palsu (Maudhu’)
yang sering dikemukakan oleh sebagian pendukung puasa Rajab. Maka dari
itu wajib untuk kami menjelaskan agar jangan sampai ada yang membawa
hadits-hadits palsu biarpun untuk kebaikan seperti memacu orang untuk
beribadah. Hukumnya adalah HARAM dan DOSA BESAR sebagaimana ancaman
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits yang diriwayatkan
oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim,
مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّءْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
Dan perlu diketahui bahwa dengan banyaknya hadits-hadits palsu tentang
keutamaan puasa Rajab itu bukan berarti tidak ada hadits yang benar
yang membicarakan tentang keutamaannya bulan Rajab.
Dalil-dalil tentang puasa Rajab :
1. Dalil tentang puasa Rajab Secara umum
Secara umum, terdapat himbauan untuk memperbanyak puasa kecuali di
hari-hari yang diharamkan yang 5 (2 hari ‘id dan 3 hari tasyriq), juga
banyak anjuran-anjuran untuk memperbanyak puasa di hari-hari seperti
puasa hari senin, puasa hari kamis, puasa hari-hari putih (13, 14, 15
bulan hijriyah), puasa Daud dan lain-lain. Berikut ini adalah
riwayat-riwayat tentang keutamaan puasa.
A. Hadits Yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori No.5472:
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ أَدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامُ وَأَنَا أَجْزِيْ بِهِ
“Semua amal anak adam (pahalanya) untuknya kecuali puasa maka aku langsung yang membalasnya”
B. Hadits Yang diriwayatkan oleh Imam Muslim No.1942:
لَخُلُوْفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
“Bau mulutnya orang yang berpuasa itu lebih wangi dari misik menurut Allah kelak di hari qiamat”
Yang dimaksud Allah akan membalasnya sendiri adalah pahala puasa tak
terbatas hitungan tidak seperti pahala ibadah sholat jama’ah dengan 27
derajat. Atau ibadah lain yang satu kebaikan dilipat gandakan menjadi
10 kebaikan.
C. Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori No.1063 dan Imam Muslim No.1969:
إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوُدَ كَانَ يَصُوْمُ يَوْمًا وَ يُفْطِرُ يَوْمًا
“Sesungguhnya paling utamanya puasa adalah puasa saudaraku Nabi Daud, beliau sehari puasa dan sehari buka”
2. Dalil-dalil puasa Rajab secara khusus
A. Hadits yang diriwayatkan Imam Muslim
أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ حَكِيْمٍ
اْلأَنْصَارِيِّ قَالَ: " سَأَلْتُ سَعِيْدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صَوْمِ
رَجَبَ ؟ وَنَحْنُ يَوْمَئِذٍ فِيْ رَجَبَ فَقَالَ سَمِعْتُ ابْنَ
عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُوْلُ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُوْمُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يُفْطِرُ،
وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يَصُوْمُ"
“Sesungguhnya Sayyidina Ustman Ibn Hakim Al-Anshori, berkata : “Aku
bertanya kepada Sa’id Ibn Jubair tentang puasa di bulan Rajab dan
ketika itu kami memang di bulan Rajab”, maka Sa’id menjawab: “Aku
mendengar Ibnu ‘Abbas berkata : “Nabi Muhammad SAW berpuasa (di bulan
Rajab) hingga kami katakan beliau tidak pernah berbuka di bulan Rajab,
dan beliau juga pernah berbuka di bulan Rajab, hingga kami katakan
beliau tidak berpuasa di bulan Rajab.”
Dari riwayat tersebut di atas bisa dipahami bahwa Nabi SAW pernah
berpuasa di bulan Rajab dengan utuh, dan Nabi pun pernah tidak berpuasa
dengan utuh. Artinya di saat Nabi SAW meninggalkan puasa di bulan Rajab
itu menunjukan bahwa puasa di bulan Rajab bukanlah sesuatu yang wajib.
Begitulah yang dipahami para ulama tentang amalan Nabi SAW, jika Nabi
melakukan satu amalan kemudian Nabi meninggalkannya itu menunjukan
amalan itu bukan suatu yang wajib, dan hukum mengamalkannya adalah
sunnah.
B. Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Ibnu Majah
عَنْ مُجِيْبَةَ الْبَاهِلِيَّةِ عَنْ
أَبِيْهَا أَوْ عَمِّهَا أَنَّهُ : أَتَى رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُُمَّ انْطَلَقَ فَأَتَاهُ بَعْدَ سَنَةٍ وَقَدْ
تَغَيَّرَتْ حَالَتُهُ وَهَيْئَتُهُ فَقَالَ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَمَا
تَعْرِفُنِيْ. قَالَ وَمَنْ أَنْتَ قَالَ أَنَا الْبَاهِلِيِّ الَّذِيْ
جِئْتُكَ عَامَ اْلأَوَّلِ قَالَ فَمَا غَيَّرَكَ وَقَدْ كُنْتَ حَسَنَ
الْهَيْئَةِ قَالَ مَا أَكَلْتُ طَعَامًا إِلاَّ بِلَيْلٍ مُنْذُ
فَارَقْتُكَ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَ
عَذَّبْتَ نَفْسَكَ. ثُمَّ قَالَ صُمْ شَهْرَ الصَّبْرِ وَيَوْمًا مِنْ
كُلِّ شَهْرٍ قَالَ زِدْنِيْ فَإِنَّ بِيْ قُوَّةً قَالَ صُمْ يَوْمَيْنِ
قَالَ زِدْنِيْ قَالَ صُمْ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ قَالَ زِدْنِيْ قَالَ صُمْ
مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنَ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنَ
الْحُرُمِ وَاتْرُكْ وَقَالَ بِأَصَابِعِهِ الثَّلاَثَةِ فَضَمَّهَا ثُمَّ
أَرْسَلَهَا. رواه أبو داود 2/322
“Dari Mujibah Al-Bahiliah dari ayahnya atau pamannya sesungguhnya ia
(ayah atau paman) datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallamkemudian berpisah dan kemudian datang lagi kepada Rosulullah
setelah setahun dalam keadaan tubuh yang berubah (kurus), dia berkata :
Yaa Rosulullah apakah engkau tidak mengenalku? Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallammenjawab : Siapa Engkau? Dia pun berkata : Aku
Al-Bahili yang pernah menemuimu setahun yang lalu. Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallambertanya : Apa yang membuatmu berubah
sedangkan dulu keadaanmu baik-baik saja (segar-bugar), Ia menjawab :
Aku tidak makan kecuali pada malam hari (yakni berpuasa) semenjak
berpisah denganmu, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallambersabda : Mengapa engkau menyiksa dirimu, berpuasalah di bulan
sabar dan sehari di setiap bulan, lalu ia berkata : Tambah lagi (yaa
Rosulullah) sesungguhnya aku masih kuat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa sallamberkata : Berpuasalah 2 hari (setiap bulan), dia pun berkata :
Tambah lagi ya Rosulullah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallamberkata : berpuasalah 3 hari (setiap bulan), ia pun berkata:
Tambah lagi (Yaa Rosulullah), Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda : Jika engkau menghendaki berpuasalah engkau di bulan-bulan
haram (Rajab, Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah dan Muharrom) dan jika engkau
menghendaki maka tinggalkanlah, beliau mengatakan hal itu tiga kali
sambil menggenggam 3 jarinya kemudian membukanya.
Imam nawawi menjelaskan hadits tersebut.
قَوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ" صُمْ مِنَ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ" إنما أمره بالترك ; لأنه كان
يشق عليه إكثار الصوم كما ذكره في أول الحديث . فأما من لم يشق عليه فصوم
جميعها فضيلة . المجموع 6/439
“Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
صم من الحرم واترك
“Berpuasalah di bulan haram kemudian tinggalkanlah”
Sesungguhnya Nabi SAW memerintahkan berbuka kepada orang tersebut
karena dipandang puasa terus-menerus akan memberatkannya dan menjadikan
fisiknya berubah. Adapun bagi orang yang tidak merasa berat untuk
melakukan puasa, maka berpuasa dibulan Rajab seutuhnya adalah sebuah
keutamaan. (Majmu’ Syarh Muhadzdzab juz 6 hal. 439)
c. Hadits riwayat Usamah Bin Zaid
قال قلت : يا رسول الله لم أرك تصوم شهرا
من الشهور ما تصوم من شعبان قال ذلك شهر غفل الناس عنه بين رجب ورمضان وهو
شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين وأحب أن يرفع عملي وأنا صائم. رواه
النسائي 4/201
“Aku berkata kepada Rosulullah : Yaa Rosulullah aku tidak pernah
melihatmu berpuasa sebagaimana engkau berpuasa di bulan Sya’ban.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallammenjawab : Bulan sya’ban itu
adalah bulan yang dilalaikan di antara bulan Rajab dan Ramadhan, dan
bulan sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal kepada Allah Subhanahu
wa Ta’ala dan aku ingin amalku diangkat dalam keadaaan aku berpuasa”.
HR. Imam An-Nasa’I Juz 4 Hal. 201
Imam Syaukani menjelaskan
ظاهر قوله في حديث أسامة : إن شعبان شهر
يغفل عنه الناس بين رجب ورمضان أنه ستحب صوم رجب ; لأن الظاهر أن المراد
أنهم يغفلون عن تعظيم شعبان بالصوم كما يعظمون رمضان ورجبا به . نيل
الأوطار 4/291
Secara tersurat yang bisa dipahami dari hadits yang diriwayatkan oleh
Usamah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda :
“Sesungguhnya Sya’ban adalah bulan yang sering dilalaikan manusia di
antara Rajab dan Ramadhan” ini menunjukkan bahwa puasa Rajab adalah
sunnah sebab bisa difahami dengan jelas dari sabda Nabi SAW bahwa
mereka lalai dari mengagungkan sya’ban dengan berpuasa karena mereka
sibuk mengagungkan ramadhan dan Rajab dengan berpuasa (Naylul Author
juz 4 hal 291 )
KOMENTAR PARA ULAMA TENTANG PUASA RAJAB
Berikut pernyataan para ulama madzhab empat tentang puasa Rajab.
Madzhab Hanafi
Dalam al-Fatawa al-Hindiyyah (1/202) disebutkan:
“Macam-macam puasa yang disunnahkan adalah banyak macamnya. Pertama,
puasa bulan Muharram, kedua puasa bulan Rajab, ketiga, puasa bulan
Sya’ban dan hari Asyura.”
Madzhab Maliki
Dalam kitab Syarh al-Kharsyi ‘ala Mukhtashar Khalil (2/241), ketika menjelaskan puasa yang disunnahkan, al-Kharsyi berkata:
“Muharram, Rajab dan Sya’ban. Yakni, disunnahkan berpuasa pada bulan
Muharram – bulan haram pertama -, dan Rajab – bulan haram yang
menyendiri.” Dalam catatan pinggirnya: “Maksud perkataan pengarang,
bulan Rajab, bahkan disunnahkan berpuasa pada semua bulan-bulan haram
yang empat, yang paling utama bulan Muharram, lalu Rajab, lalu Dzul
Qa’dah, lalu Dzul Hijjah.”
• Disebutkan dalam Hasyiah dari Syarh Al-Khorsyi ‘Ala Kholil:
بل يندب صوم بقية الحرم الأربعة وأفضلها المحرم فرجب فذو القعدة فالحجة. اهـ
“Disunnahkan puasa di bulan-bulan haram yang 4, paling utamanya adalah
puasa di bulan Muharrom kemudian Rajab, Duzl Qo’dah dan Dzul Hijjah”.
• Disebutkan dalam Muqoddimah Ibnu Abi Zaid serta syarah Lil Fawaakih Al-Dawani juz 2 hal. 272:
التنفل بالصوم مرغب فيه وكذلك , صوم يوم عاشوراء ورجب وشعبان ويوم عرفة والتروية وصوم يوم عرفة لغير الحاج أفضل منه للحاج. اهـ
“Melakukan puasa disunnahkan begitu juga puasa dihari ‘Asyuro’, bulan
Rajab, bulan Sya’ban, Hari ‘Arafah dan Tarwiyah sedangkan puasa di hari
‘Arafah itu lebih utama bagi orang yang tidak haji”.
• Disebutkan dalam Syarh Ad-Dardir, syarah Muhtashor Kholil juz 1 hal. 513:
وندب صوم المحرم ورجب وشعبان وكذا بقية الحرم الأربعة وأفضلها المحرم فرجب فذوالقعدة والحجة). اهـ
“Dan disunnahkan puasa Muharrom, Rajab, Sya’ban begitu juga bulan-bulan
haram lainnya yang 4 dan paling utamanya adalah puasa Muharrom kemudian
Rajab, Duzl Qo’dah dan Dzul Hijjah”.
• Disebutkan dalam At-Taj Wa Al-Iklil juz 3 hal. 220:
والمحرم ورجب وشعبان لو قال والمحرم
وشعبان لوافق المنصوص . نقل ابن يونس : خص الله الأشهر الحرم وفضّلها وهي
: المحرم ورجب وذو القعدة وذو الحجة . اهـ
“Dan disunnahkan Puasa Muharrom, Rajab dan Sya’ban, andaikan beliau
berkata “Puasa Muharrom dan Sya’ban disunnahkan maka akan mencocoki
Nashnya”. Dinukil dari Ibnu Yunus bahwasannya “Allah Subhanahu wa
Ta’ala mengkhususkan bulan-bulan haram dan mengutamakannya yaitu :
Muharrom dan Rajab, Dzul Qo’dah dan Dzul Hijjah.”
Pernyataan serupa bisa dilihat pula dalam kitab al-Fawakih al-Dawani
(2/272), Kifayah al-Thalib al-Rabbani (2/407), Syarh al-Dardir ‘ala
Khalil (1/513) dan al-Taj wa al-Iklil (3/220).
Madzhab Syafi’i
Imam al-Nawawi berkata dalam kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab (6/439),
“Teman-teman kami (para ulama madzhab Syafi’i) berkata: “Di antara
puasa yang disunnahkan adalah puasa bulan-bulan haram, yaitu Dzul
Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab, dan yang paling utama adalah
Muharram. Al-Ruyani berkata dalam al-Bahr: “Yang paling utama adalah
bulan Rajab”. Pendapat al-Ruyani ini keliru, karena hadits Abu Hurairah
yang akan kami sebutkan berikut ini insya Allah (“Puasa yang paling
utama setelah Ramadhan adalah puasa bulan Muharram.”)”.
• Imam An-Nawawi menyebutkan dalam Al-Majmu’ (Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab) juz 6 hal. 439:
قال أصحابنا : ومن الصوم المستحب صوم الأشهر الحرم , وهي ذوالقعدة وذوالحجة والمحرم ورجب , وأفضلها المحرم. اهـ
“Berkata Ulama’ kami : Dan dari puasa yang disunnahkan adalah puasa
bulan-bulan haram yaitu Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Muharrom dan Rajab
sedangkan yang paling utama adalah Muharrom”.
• Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshori menyebutkan dalam Asna Al-Mathollib juz 1 hal. 433:
)وأفضل الأشهر للصوم( بعد رمضان الأشهر)
الحرم ( ذو القعدة وذو الحجة والمحرم ورجب )وأفضلها المحرم( لخبر مسلم *
أفضل الصوم بعد رمضان شهر الله المحرم ( ثم اقيها وظاهره استواء البقية
والظاهر تقديم رجب خروجا من خلاف من فضله على الأشهر الحرم . اهـ
“Paling utamanya bulan-bulan untuk puasa setelah Ramadhan adalah puasa
di bulan-bulan Haram yaitu Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Muharrom dan Rajab
sedangkan paling Utamanya adalah Muharrom berdasarkan riwayat dari Imam
Muslim “Paling utamanya puasa setelah Ramadhan adalah bulan Allah
Muharrom kemudian bulan haram yang lainnya. Secara dhohir keutamaan
diantara bulan haram yang lainnya itu sama (selain Muharrom). Dan
secara dhohir mendahulukan keutamaan Rajab agar keluar dari Khilafnya
ulama yang mengunggulkannya melebihi bulan-bulan Haram”
... وأما استمرار هذا الفقيه على نهي
الناس عن صوم رجب فهو جهل منه وجزاف على هذه لشريعة المطهرة فإن لم يرجع
عن ذلك وإلا وجب على حكام الشريعة المطهرة زجره وتعزيره التعزير البليغ
المانع له ولأمثاله من المجازفة في دين الله تعالى
ويوافقه إفتاء العز بن عبد السلام إنه
سئل عما نقل عن بعض المحدثين من منع صوم رجب وتعظيم حرمته وهل يصح نذر صوم
جميعه فقال في جوابه : نذر صومه صحيح لازم يتقرب إلى الله تعالى بمثله
والذي نهى عن صومه جاهل بمأخذ أحكام الشرع وكيف يكون منهيا عنه مع أن
العلماء الذين دونوا الشريعة لم يذكر أحد منهم اندراجه فيما يكره صومه بل
يكون صومه قربة إلى الله تعالى. اهـ
“Orang yang melarang puasa Rajab maka itu adalah kebodohan dan ketidak
tahuan terhadap hukum syariat. Apabila ia tidak menarik ucapannya itu
maka wajib bagi hakim atau penegak hukum untuk menghukumnya dengan
hukuman yang keras yang dapat mencegahnya dan mencegah orang semisalnya
yang merusak agama Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Sependapat dengan ini ‘Izzuddin Abdusssalam, sesungguhnya beliau
ditanya dari apa yang dinukil dari sebagian Ahli Hadits tentang
larangan puasa Rajab dan pengharamannya, dan apakah sah orang yang
bernadzar puasa Rajab sebulan penuh maka beliau menjawab “Nadzar puasa
Rajab itu sah dan bisa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa
Ta’ala . Adapun larangan puasa Rajab itu adalah pendapat orang yang
bodoh akan pengambilan hukum-hukum syariat. Bagaimana bisa dilarang
sedangkan para Ulama’ yang dekat dengan syariat tidak ada yang
menyebutkan tentang dimakruhkannya puasa Rajab bahkan dikatakan puasa
Rajab adalah mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala
(sunnah)".
• Disebutkan dalam Mughni Al-Muhtaj juz 2 hal. 187:
أفضل الشهور للصوم بعد رمضان الأشهر
الحرم , وأفضلها المحرم لخبر مسلم* أفضل الصوم بعد رمضان شهر الله المحرم
ثم رجب , خروجا من خلاف من فضله على الأشهر الحرم ثم باقيها ثم شعبان . اهـ
“Paling utamanya bulan-bulan untuk melakukan puasa setelah Ramadhan
adalan bulan-bulan haram, sedangkan paling utamanya adalah Muharrom
berdasarkan Hadits riwayat Imam Muslim “Paling utamanya puasa setelah
Ramadhan adalah puasa di bulan Allah Muharrom” kemudian Rajab agar
keluar dari Khilaf tentang keutamaan Rajab terhadap bulan-bulan haram
lainnya kemudian Sya’ban”.
• Disebutkan dalam Nihayah Al-Muhtaj juz 3 hal. 211:
“Ketahuilah sesungguhnya paling utamanya bulan-bulan untuk melakukan
puasa setelah Ramadhan adalah puasa bulan-bulan Haram. Sedangkan paling
utamanya adalah Muharrom kemudian Rajab agar keluar dari Khilaf tentang
keutamaannya atas bulan-bulan Haram yang lainnya, yang jelas
keutamaannya sama dengan bulan-bulan haram yang lainnya kemudian
Sya’ban”.
Pernyataan serupa dapat dilihat pula dalam Asna al-Mathalib (1/433),
Fatawa al-Kubra al-Fiqhiyyah(2/53), Mughni al-Muhtaj (2/187), Nihayah
al-Muhtaj (3/211) dan lain-lain.
Madzhab Hanbali
Ibnu Qudamah al-Maqdisi berkata dalam kitab al-Mughni (3/53):
فصل : ويكره إفراد رجب بالصوم . قال أحمد
: وإن صامه رجل , أفطر فيه يوما أو أياما , بقدر ما لا يصومه كله ... قال
أحمد : من كان يصوم السنة صامه , وإلا فلا يصومه متواليا , يفطر فيه ولا
يشبهه برمضان ). اهـ
“Pasal. Dimakruhkan mengkhususkan bulan Rajab dengan ibadah puasa. Ahmad bin Hanbal berkata: “Apabila seseorang berpuasa Rajab, maka berbukalah dalam satu hari atau beberapa hari, sekiranya tidak berpuasa penuh satu bulan.” Ahmad bin Hanbal juga berkata: “Orang yang berpuasa satu tahun penuh, maka berpuasalah pula di bulan Rajab. Kalau tidak berpuasa penuh, maka janganlah berpuasa Rajab terus menerus, ia berbuka di dalamnya dan jangan menyerupakannya dengan bulan Ramadhan.”
Ibnu Muflih berkata dalam kitab al-Furu’ (3/118):
فصل : يكره إفراد رجب بالصوم نقل حنبل :
يكره , ورواه عن عمر وابنه وأبي بكرة , قال أحمد : يروى فيه عن عمر أنه
كان يضرب على صومه , وابن عباس قال : يصومه إلا يوما أو أياما. وتزول
الكراهة بالفطر أو بصوم شهر آخر من السنة . اهـ
“Pasal. Dimakruhkan mengkhususkan bulan Rajab dengan berpuasa. Hanbal
mengutip: “Makruh, dan meriwayatkan dari Umar, Ibnu Umar dan Abu
Bakrah.” Ahmad berkata: “Memuku seseorang karena berpuasa Rajab”. Ibnu
Abbas berkata: “Sunnah berpuasa Rajab, kecuali satu hari atau beberapa
hari yang tidak berpuasa.” Kemakruhan puasa Rajab bisa hilang dengan
berbuka (satu hari atau beberapa hari), atau dengan berpuasa pada bulan
yang lain dalam tahun yang sama. Pengarang al-Muharrar berkata:
“Meskipun bulan tersebut tidak bergandengan.”
KESIMPULAN
Dari penjelasan dari ulama empat madzhab sangat jelas bahwa puasa bulan
Rajab adalah sunnah hanya menurut madzhab Imam Ahmad saja yang makruh.
Dan ternyata kemakruhan puasa Rajab menurut madzhab Imam Hanbali itu
pun jika dilakukan sebulan penuh .adapaun kalau berbuka satu hari saja
atau di sambung dengan sehari sebelumnya atau sesudahnya. Atau dengan
melakukan puasa di dselain bulan Rajab maka kemakruhannya akan hilang .
Dan mereka tidak mengatakan puasa Rajab bid'ah sebagaimana yang marak
akhir-akhir ini disuarakan oleh kelompok orang dengan menyebar
selebaran, siaran radio atau internet.
BACAAN NIAT PUASA RAJAB
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA
Artinya : Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala
MANFAAT DAN KEUTAMAAN PUASA RAJAB
Keutamaan Puasa Rajab
Berikut beberapa hadis yang menerangkan keutamaan dan kekhususan puasa bulan Rajab:
• Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab beliau
berdo’a:“Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga)
Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad,
dari Anas bin Malik).
• "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa
selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu
neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga,
dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."
• Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa
sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7
hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8
hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan
mengabulkan semua permintaannya....."
• "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya
lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu.
Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai
minum dari sungai tersebut".
• Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad SAW
bersabda: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan
bulannya umatku."
• Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah
sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan
lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.:
“Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.:
“Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk
engkau di bulan Rajab ini”.
Kapan Puasa Rajab di Tahun 2016?
Puasa Bulan Rajab tahun 2016 jatuh pada hari Sabtu Ahad
Senin bertepatan dengan 9, 10 dan 11 April 2016, Silahkan sebarkan
informasi ini.
0 Response to "Belum Terlambat!! Masih ada 2 hari lagi untuk kita mendapatkan keutamaan Puasa Rajab di Tahun 2016 ini"
Post a Comment